find us on

Senin, 08 Apr 2013 | 21:46 wib
Caleg DKI Rebutan 106 Kursi DPRD

Paripurna DPRD DKI

Adaterus.com - Pemilu 2014 yang bakal digelar tahun depan dipastikan bakal semakin sengit. Sengitnya pertarungan partai politik tidak hanya terjadi untuk perebutan kursi DPR, tapi juga untuk perebutan kursi DPRD DKI. Terlebih untuk DPRD DKI terjadi penambahan kursi yang diperebutkan dari 94 kursi menjadi 106 kursi.
Bagi calon legislatif (caleg) DPRD dan DPD yang akan bertarung pada 2014 nanti, KPU DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran, Selasa (9/4) besok. Partai-partai yang lolos dalam Pemilu 2014 diminta untuk menyerahkan daftar nama calegnya sebelum 22 April mendatang.
Ketua KPU DKI Jakarta, Dahliah Umar mengatakan, setelah nama-nama caleg diserahkan pihaknya akan melakukan verifikasi berkas. Setiap partai politik diberikan kuota maksimal 106 nama dan harus memenuhi keterwakilan perempuan. “Misalnya dari sembilan caleg yang didaftarkan harus ada tiga perempuan. Kalau tidak dipenuhi partai, kita suruh perbaiki,” kata Dahliah, Senin (8/4).
Untuk DKI Jakarta sendiri terdapat 10 daerah pemilihan (dapil). Dari 10 dapil terdiri dari Jakarta Pusat satu dapil dengan 12 kursi, Jakarta Utara terdapat dua dapil masing-masing 9 kursi, Jakarta Timur sebanyak tiga dapil masing-masing 10 kursi, Jakarta Selatan ada dua dapil masing-masing 10 dan 12 kursi, serta Jakarta Barat sebanyak dua dapil masing-masing 12 kursi. "Setiap dapil pengajuan calegnya itu maksimal 100 persen. Berbeda dengan pemilihan periode sebelumnya bisa mencapai 120 persen," ujarnya.
Dikatakan Dahliah, jika ada caleg yang mengundurkan diri maka tidak bisa digantikan dengan orang lain. Yang bisa digantikan hanya kalau tidak meneuhi syarat, misalnya karena pendidikan atau hal lainnya. "Caleg tidak boleh mengundurkan diri, kecuali tidak memenuhi syarat atau meninggal," tandasnya.


Disunting Oleh : Indra

Berita Terkait

Anggota DPRD Baru Wajib Lapor Harta ke KPK
Sengketa Tanah Meruya, Pemprov DKI Kalah dengan Porta Nigra
3.000 CCTV Dipasang di DKI
Sekda DKI: Lasro Belum Sampaikan Surat Mundur
Ahok Rahasiakan Jabatan Baru Kadisdik DKI
Ahok: Temuan BPK Kado Pahit Buat DKI
http://www.adaterus.com/assets/banner/HR2.gif
Artikel lainnya
Soal UN SMP di Kalsel Tak Kunjung Datang
Demi Nyaleg Berhenti Jadi Ketua RW
(x)
Download Aplikasi AdaTerus.com
©2013 ADATERUS.com - All rights reserved. Tentang Kami | Info Iklan | Hubungi Kami | Ketentuan Layanan