find us on

Minggu, 21 Jul 2013 | 16:06 wib
5 Bahaya Minum Soft Drink Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi

AdaTerus.com - Minuman yang kita konsumsi sehari-hari sudah pasti tidak luput dari soft drink atau minuman ringan bersoda yang ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Minuman bersoda CCL misalnya, untuk mengantikan rasa manis pada minuman CCL, maka digunakan pemanis buatan SAKARIN. Sakarin adalah zat pemanis buatan yang dibuat dari garam natrium dari asam sakarin berbentuk bubuk kristal putih, tidak berbau dan sangat manis. Pemanis buatan ini mempunyai tingkat kemanisan hingga 550 kali gula biasa. Oleh karena itu sangat populer dipakai sebagai bahan pengganti gula pada makanan atau minuman. Berikut 5 bahaya minuman ringan  bagi tubuh kita

1. Menguras air dalam tubuh

Bukannya memberikan air bagi tubuh kita, soft drink justru membuat tubuh kita kekurangan air. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrinks memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, orang harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang diminum.

2. Dapat menggangu pencernaan

Jumlah kafein dan gula yang tinggi di dalam minuman dapat menghentikan proses pencernaan. Sifat soft bersifat sangat asam sehingga jika terlalu sering diminum, sifat asma itu dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya.

3. Dapat menggangu pertumbuhan 

Kandungan gula yang terlalu tinggi di dalam soft drink dapat menyebabkan pankreas meproduksi insulin dalam jumlah besar. Terlalu sering minum soft drink  akan mengakibatkan "benturan gila", kelebihan serta kekurangan gula dalam insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait denagn ketidak seimbangan tubuh.

4. Tidak pernah menghilangkan rasa haus

Hanya dengan mengkonsumsi soft drink bukan berarti rasa haus itu akan hilang, jika kita tidak memasukkan air ke dalam tubu secara terus-menerus akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis, sebuah kondisi dimana dapat melemahkan tubuh kita pada tingkat yang serius.

5. Sulit melawan penyakit di dalam tubuh

Jika kondisi kita sedang kurang enak badan atau sakit, jangan pernah berfikir untuk minum soft drink terutama di saat kita sedang flu atau demam. Karena soft drink mempersulit tubuh kita untuk melawan penyakit tersebut.(mty)


Disunting Oleh : Tirta

Berita Terkait

Tarif Tol Jakarta - Cikampek Naik 50%
Denda Rp 500 Timbulkan Efek Jera
Ibrahimovic Cetak Rekor Baru Bagi Swedia
6,5 Kilogram Sabu Dimusnahkan BNN
Hasil Pembagian Group Liga Champions
Tahun Depan Tiap Desa Dapat Dana 550 Juta
http://www.adaterus.com/assets/banner/HR2.gif
Artikel lainnya
Ada LOTTE Shopping Avenue di Indonesia
Warga Twitter Doakan Chika Djati
(x)
Download Aplikasi AdaTerus.com
©2013 ADATERUS.com - All rights reserved. Tentang Kami | Info Iklan | Hubungi Kami | Ketentuan Layanan