find us on

Kamis, 10 Oct 2013 | 14:33 wib
Asli Unik! Pilkades di Desa Ini Tak Ada Peminatnya

AdaTerus.com - Jika di daerah lain banyak warga yang mencalonkan diri untuk menjadi pemimpin di wilayahnya, namun tidak untuk daerah yang satu ini. Adalah Desa Tanggul Anom, yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Pasalnya, satu di antara 226 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada 19 Oktober 2013, hanya Desa Tanggul Anom yang tanpa peminat sebagai calon Kepala Desa (Kades).

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Temanggung Agus Sarwono mengatakan, meskipun masa pendaftaran calon kades telah diperpanjang selama tujuh hari, di Desa Tanggul Anom, Kecamatan Selopampang, tetap tidak ada yang mendaftar. "Alasan tidak ada pendaftar dalam pilkades di desa tersebut, karena penghasilan pokok kades berupa tanah bengkok sangat minim, yakni tidak sampai 0,5 hektare," katanya, Kamis (10/10).

Karena tidak ada calon yang mendaftar, lanjutnya, maka jabatan kades akan diisi oleh pejabat kades yang bisa dijabat oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, atau dari pegawai negeri sipil di Kecamatan Selopampang. "Pejabat kades akan berlangsung selama enam bulan dan nanti setelah enam bulan bersamaan dengan pelaksanaan pemilu maka akan diperpanjang lagi selama enam bulan," ujar Agus. Diungkapkannya, pendaftaran calon kades di 226 desa di Temanggung telah ditutup pada 26 September 2013.

Hingga penutupan tersebut, ada empat desa yang tidak ada peminatnya, yakni Desa Kwarakan, Kecamatan Kaloran, Desa Kruwisan, Kecamatan Kledung, Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, dan Desa Tanggul Anom, Kecamatan Selopampang. "Di empat desa tersebut, kemudian pendaftaran calon kades diperpanjang hingga 4 Oktober 2013. Namun, di Desa Tanggul Anom tetap tidak ada pendaftar sedangkan di Kwarakan ada tiga pendaftar, kemudian di Kruwisan dan Tlilir masing-masing satu pendaftar," katanya.

Ia menyebutkan, dari 226 desa yang melaksanakan pilkades, terdapat 573 pendaftar, yang lolos seleksi administrasi ada 569 orang, terdiri atas 523 laki-laki dan 46 perempuan. "Mereka yang lolos persyaratan administrasi akan mengikuti tes tertulis dan wawancara pada 16 Oktober 2013. Hasilnya diumumkan pada 18 Oktober 2013 sehingga para calon yang mengikuti pilkades hanya diberi waktu kampanye satu hari," katanya.


Disunting Oleh : Aming

Berita Terkait

Duh! Pulau di Riau Dijual
Legenda Brazil Akan Berkunjung ke Aceh
Di Maria Jalani Debut Melawan Burnley
Ini Usulan Mentri dari Joker
Hari Konstitusi Untuk Mengingat Sejarah
Belum Fit, Ronaldo Main dikualifikasi Piala Eropa
http://www.adaterus.com/assets/banner/HR2.gif
Artikel lainnya
Korban Banjir Berebut Bantuan
"Koruptor Sering Keluar Lapas"
(x)
Download Aplikasi AdaTerus.com
©2013 ADATERUS.com - All rights reserved. Tentang Kami | Info Iklan | Hubungi Kami | Ketentuan Layanan